Membuat Sumur Hidrolik

Written 15/08/08

Dalam hal membuat sumur, orang awam mengenal ada lima cara. Pertama, sumur galian alias sumur timba dengan diameter 1 hingga 2 meter, dengan sasaran sumber mata air atas dengan kedalaman 12 hingga 19 meter. Cara kedua adalah sama dengan cara pertama namun memperolehnya dengan menempatkan mesin air yang diletakkan berdekatan dengan permukaan air. Cara ketiga adalah sumur pantek dengan menggunakan pompa tangan. Disebut sumur pantek karena pada saat membuat sumurnya, kita tidak menggali lebar melainkan dengan membuat lubang sebesar pipa paralon dengan cara menumbuknya hingga kedalaman mata air atas. Setelah mencapai tingkat kedalaman dan kecukupan air yang diinginkan, maka barulah dipasang pompa tangan yang ditujukan untuk menarik air dari bawah dengan konsep penyedotan udara hampa. Cara keempat adalah sumur pantek dengan menggunakan mesin air. Dan cara yang terakhir adalah sumur pantek hidrolik. Umum dilakukannya cara ini adalah dikarenakan kondisi mata air atas yang tidak mencukupi. Oleh karena itu, cara ini dilakukan dengan target sasaran mata air bawah yang relatif banyak dan cenderung lebih bersih. Namun karena harus menembus lapisan bebatuan yang keras, dibutuhkan mesin hidrolik untuk proses pengeborannya, dikarenakan tenaga manusia untuk membuat kedalaman lebih dari itu sudah tidak mampu. Mesin hidrolik mampu untuk membuat lubang pada lapisan bebatuan didalam tanah. Kedalaman yang dicari biasanya berkisar antara 35 hingga 50an meter, tergantung pada situasi masing-masing tanah. Tingkat keberhasilan dari cara ini relatif besar dan memiliki jaminan dari penyedia jasa ini apabila kita tidak berhasil menemukan sumber air yang diinginkan.

 

Nah, baru-baru ini saya mencoba metode pembuatan sumur air dengan menggunakan mesin hidrolik tersebut. Ini saya lakukan karena kami telah sangat lelah berurusan dengan kelangkaan air yang selalu mendera setiap tahunnya, khususnya pada musim kemarau seperti ini. Oleh karena itu, diputuskanlah untuk memanggil orang-orang yang memang ahli dalam pembuatan sumur seperti ini.

 

Sumur hidrolik pada dasarnya adalah sumur pantek, namun berbeda dalam metode pengerjaannya. Karena menggunakan mesin, maka harga jasa pengeboran ini relatif mahal yakni 4.5 juta, dimana harga tersebut sudah termasuk jasa penyewaan mesin hidrolik, jasa tenaga kerja yang terdiri dari 3 hingga 5 orang, uang makan/minum + rokok, pipa-pipa bor, mata jet, pipa-pipa air dari lubang hingga ke tank penampungan serta proses instalasi/perapihan kembali lokasi pengeboran. Harga tersebut adalah diluar mesin air yang setidaknya haruslah jet pump seharga 2.5 hingga 2,8 juta dengan merek wasser. Pemilihan lubang air biasanya ditetapkan sendiri oleh penyedia jasa ini berdasarkan masukan kita. Tingkat kedalaman yang dikejar adalah 35 – 50 meter atau hingga mendapatkan sumber mata air bawah yang cukup dan bersih. Kedalaman tersebut adalah guna mencapai lokasi air bawah yang berada setelah tanah atas, pasir, air atas, bebatuan, karang dan air bawah. Lubang atas dibuat dengan diameter 10 – 15 cm yang kemudian mengerucut hingga cukup untuk satu buah paralon dengan diameter 2.5 cm. Lubang atas dibuat besar karena diperuntukkan untuk menempatkan casing atau pipa paralon pencegah longsornya lubang bila telah dipakai. Selain itu, lubang atas yang panjangnya 12 meter tersebut, juga untuk menempatkan dua buah pipa untuk proses pengumpulan dan sirkulasi air yang telah diserap oleh mesin dengan diatur oleh mata jet pada ujung kedalaman lubang atas.

 

Proses pengerjaan memakan waktu 3 hingga 5 hari. Dibutuhkan banyak air (tidak mesti bersih) untuk proses pengeboran. Mesin hidrolik ditempatkan pada sebuah kerangka untuk menopang pengeboran. Relatif pengeboran tidak banyak mengeluarkan tanah seperti pada proses pembuatan sumur pantek lainnya, melainkan justru kebisingan mesin. Bila air telah diketemukan, dibutuhkan waktu 3 – 5 hari lagi untuk proses penjernihan. Semua proses tersebut diberikan jaminan selama satu tahun oleh pihak penyedia jasa. Jaminan tersebut terdiri dari; kepastian adanya air, kepastian pasokan air, kepastian kejernihan air, kepastian keterjagaan lubang dari kelongsoran dan kepastian air hingga keluar sampai keran. Semua itu berhak anda minta, bila tidak jangan dibayar. Untuk DP mereka meminta 50% (bisa dinego).

 

MA Tiariaji

About these ads

2 Responses to “Membuat Sumur Hidrolik”

  1. Wah, berani juga tuh menjamin kejenihan air. Biasanya tukang bor hanya berani menjamin : Kepastian mendapatkan air ,itupun tanpa jaminan kontrak debit air. Sebab soal jernih atau tidaknya air dalam tanah tidak dapat diketahui bahkan dengan alat paling canggih yang ada saat ini.

    Info mengenai cara penjernihan air dapat mengunjungi :

    http://www.airminumisiulang.com/page.php?penyaring-air-dan-penjernih-air

    Semoga Bermanfaat

  2. Terima kasih atas infonya…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: