Trubus, tempat beli tanaman buah

Membeli tanaman buah itu susah-susah gampah. Dibilang susah, karena kita kudu mengetahui pohon buah apa yang cocok buat rumah kita, besarnya akan seberapa, apakah ia cocok dengan habitatnya nanti, apakah ia akan rajin berbuah hingga apakah kita mampu merawatnya dengan baik. Klu dibilang gampang, yaa…klu kita bisa membeli ditempat yang meyakinkan.

Tujuh tahun lalu saya membeli sebuah pohon rambutan rapiah di Taman buah Mekar Sari, Cibubur. Sebelum saya membeli, saya banyak ngebrowse tentang karakter berbagai macam pohon buah yang hendak saya akan pilih berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang telah saya sebutkan diatas. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya pilihan saya jatuh kepada pohon buah rambutan. Saya memilih pohon rambutan karena berdasarkan tempat tinggal yang saya huni, rambutan yang paling pas untuk hidup disana. Pemilihan jenis buah ini juga dikarenakan kondisi dilingkungan rumah saya yang memuntut adanya diferensiasi tanaman agar nantinya ketika pohon-pohon tersebut berbuah, kita bisa saling bertukar dengan tentangga yang memiliki pohon buah yang berbeda. Lagipula, saya sekeluarga suka akan buah rambutan.

Situasi di Taman buah Mekarsari lumayan bervariasi. Mereka menjual berbagai macam jenis tanaman buah dan juga tanaman bunga. Mereka menanam sendiri bibit-bibit tersebut dan membesarkannya untuk segera mereka langsung jual kepada para pengunjung. Menyangkut kualitas pembibitan dan kepahaman para sales atas apa yang mereka tawarkan lumayan baik. Namun, entah kenapa saya merasa kurang sreg menyangkut kualitas pembibitan, tidak tahu kenapa. Mungkin karena di taman buah Mekar Sari situasi penjualan tidak terlalu ramai dan ini menimbulkan kecurigaan bagi saya atas seberapa intensifnyakah mereka dengan kegiatan pembibitan tersebut. Disini tampak seperti hanya menjadikan tanaman-tanaman tersebut sebagai souvenir bagi para pengunjung.

Pengalaman diatas berbeda dengan apa yang saya alami ketika membeli bibit pohon buah yang ada di Trubus, jalan raya cimanggis. Disana sangat terlihat bagaimana keseriusan mereka dalam menghasilkan bibit-bibit tanaman, karena kita dapat memperoleh rasa keyakinan yang dapat kita saksikan sendiri melalui bagaimana para sales sangat memahami jenis-jenis tanaman, metode pemupukkan, karakter tanaman, metode perawatan hingga sampai jangka waktu terjadinya pembuahan pertama.

Singkat cerita, bibit yang saya beli dari Taman buah Mekarsari tak bisa tumbuh lama. Kurang dari setahun, bibit tersebut mati. Sementara bibit yang saya beli di Trubus (rambutan binjai) hidup besar dan berbuah lebat dan manis dalam jangka waktu empat tahun (persis seperti prediksi yang disampaikan oleh pihak Trubus).

Pengalaman ini membuat saya dikemudian hari mulai menaruh perhatian yang lebih serius dalam melihat kualitas bibit yang kelak akan saya beli.

One Response to “Trubus, tempat beli tanaman buah”

  1. Teliti sebelum membeli mbak Fifien

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

