Bermain musik untuk relaksasi

Setelah sekian lama meninggalkan dunia bermusik, kini saya mencoba kembali menekuni salah satu hobi yang telah banyak mempengaruhi hidup saya ini.
Saya memahami bahwa kegiatan bermusik kali ini harus memiliki paradigma baru agar kesalahan-kesalahan yang pernah saya buat atas hobi ini tidak terulangi lagi. Ini perlu dilakukan mengingat kondisi dari hobi ini telah mengalami perubahan-perubahan yang amat signifikan baik menyangkut keilmuannya, selera, distribusi hingga pandangan umum tentangnya.
Bila dulu saya berharap banyak dalam bermusik dan dapat berkarir di dalamnya, kini dengan melihat segala kemampuan, umur dan kondisi umum yang ada, saya dapat katakan sekarang bahwa bermusik buat saya mungkin hanya sebagai kegiatan relaksasi dan edukasi bagi saya dan dunia disekeliling saya.
Ia menjadi kegiatan relaksasi saya mengingat bahwa dengan harus menyingkirkan segala ambisi yang dulu pernah ada menyangkut hobi ini, maka pilihan yang paling realistis adalah hanya murni mengembangkan dan melatih kepekaan saya terhadap dunia musik yang saya anggap bermanfaat, khususnya memberikan contoh dan inspirasi bagi anak-anak saya. musik baik untuk mereka.
Membuat anak-anak terinspirasi atas kegiatan ini memang salah satu tujuan dari relaksasi saya. Saya cuma berharap untuk terus mengembangkan dan mencoba membuka sebesar mungkin segala potensi dan ketertarikan yang ada pada anak-anak atas segala bidang yang ada pada saya dan membaginya pada mereka.
Ini tak hanya sekadar perihal membagi sesuatu namun juga memberikan mereka pemahaman akan pentingnya mengenali diri mereka sendiri dan dunia yang kelak akan mereka hadapi berdasarkan potensi yang ada pada mereka.
Untuk kegiatan relaksasi itu sendiri, saya bisa katakan bahwa sejauh ini kegiatan tersebut memang memberikan saya sebuah semangat baru dan bentuk relaksasi yang unik. membawakan sejumlah lagu-lagu milik orang dan bernyanyi bersama teman-teman, jelas menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan. ini jelas sangat berbeda bila kita bertujuan menjadikan ini sebagai karir. Akan terlihat begitu berbedanya baik dari segi tuntutan keilmuan, waktu hingga tingkat ke-stress-an yang mungkin saya akan hadapi. Dan ini jelas sudah tidak mungkin lagi buat saya untuk meluangkan sebegitu besar energi tersebut.

Maka saya cuma ingin berdendang, bernyanyi dan memainkan alat yang terbaik yang bisa saya lakukan.
…mau coba?

Leave a Reply

