Memperingati Hari Kemerdekaan

Untuk kali pertama, Salaam di tahun ini, mengikuti perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengikuti lomba sepeda hias yang ada di komplek perumahannya.

Sepeda yang dihias oleh sang bapak dengan tanpa konsep sama sekali, dan masih membawa nuansa tahun 1980-an itu, dilakukan di tengah malam menjelang pelaksanaan acara tersebut.

Namun, hal itu tidak membuat sang anak untuk tidak antusias dalam mengikuti parade tersebut. Terlihat sekali bahwa salaam sangat menikmati pengalaman barunya itu beserta kawan-kawan seumur yang lain. Dengan mengelilingi area jalan utama di komplek perumahannya, Salaam mencoba berbagi kegembiraan atas acara yang tengah diikuti.

Ada pertanyaan yang terus mengusik saya tentang tema yang terus berlangsung pada setiap acara perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini; dari tahun ke tahun tema tentang pembebasan bangsa dari penjajahan konvensional masih terlihat sangat dominan. Kenapa kemerdekaan selalu identik dengan pembebasan dari penjajahan yang kasat mata, kenapa kita tidak berpikir tentang sebuah kemerdekaan yang sejati, lepas dari kebodohan dan lepas dari ketergantungan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: