Ramadhan Pertama Si Sulung

Puasa Ramadhan tahun ini terasa spesial. Ini karena pertama kalinya Salaam ikut berpuasa. Hingga hari ke 16, ia masih terus berpuasa dan sejauh ini baru absen satu hari.

Ada yang menarik dari salah satu motifnya untuk ikut berpuasa. Dikatakanya bahwa berpuasa membuatnya terbebas dari tekanan untuk makan rutin! Ia mungkin hanya membutuhkan makan pagi dan malam, cukup itu saja. Konyol memang.

Beberapa ungkapannya yang lain selama mengikuti puasa juga menarik. Ia berucap bahwa ia begitu menikmati masa-masa berpuasa dikarenakan ada begitu banyak makanan enak terhidang, kala saat berbuka dan pada saat sahur…sangat berbeda pada hari-hari umum lainnya.

Saya lumayan takjub dengan kemampuannya berpuasa untuk kali pertamanya ini. Tak ada agenda pribadi yang muluk-muluk atasnya. Cukup bagi saya bahwa ia perlu mulai menyadari dan mau menjalankan salah satu rukun agama ini dengan kerelaan dan kegembiraan. Saya mencoba memahaminya dari sisi psikisnya, psikis anak-anak. Bahwa pesan-pesan keagamaan jangan terlalu mendominasi aktifitas ini, cukup ia menangkapnya secara naluriah saja; bahwa berpuasa adalah gagasan keagamaan tentang pentingnya rasa berbagi dengan mereka yang tak selalu beruntung dalam hal ketersediaan makanan. Akan halnya ibadah-ibadah khas selama berpuasa semacam; tarawih dan amalan-amalan penambah pahala, cukup ia baru tahap mengetahuinya saja. Mengerjakannya secara bertahap, tidak ngoyo dan yang terpenting; kenyamanan.

Saya cuma berharap bahwa ia akan menikmati setiap momen-momen keagamaan secara fitrah, seperti puasa Ramadhan ini, dan yang penting kerelaan. Membebaskannya dari tekanan-tekanan doktrin dan menjadikannya masa-masa pemupuka mental untuk tahun-tahun berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: